About me

UHAMKA Lt.2, Jl.Limau II, Kebayoran Baru, JakSel 12130 Telp:085693342725, (021)99246959

1 Muharram 1431 H

by PC IMM Jakarta Selatan | 12.10 in |

Assalamualaiqum wr.wbr...

Kami PC IMM JAKSEL mengucapkan selamat tahun baru Hijriah (1 Muharram 1431 H),
Rasanya semua orang sudah mengetahui dan mengenalnya, apalagi seorang muslim.Dimana Sejarah demi sejarah telah terukir dalam kisah-kisah mereka dengan senyuman yang dibiasi dengan indahnya air mata yang mengalir.

apakah kita akan membiarkan semua itu membusuk dan hilang di makan zaman...????

Allah menegaskan dalam firman-Nya:
"Sungguh, pada kisah-kisah mereka itu terdapat pelajaran bagi orang yang mempunyai akal. (Al-Qur'an) itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya, menjelaskan segala sesuatu, dan (sebagai) petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman (Yusuf: 111)

Yang mungkin sebagian dari kita sudah lupa atau belum mengetahui ini, hari/tanggal pada Kalender Hijriyah berbeda dengan pada Kalender Masehi. Pada sistem Kalender Masehi, sebuah hari/tanggal dimulai pada pukul 00.00 waktu setempat. Namun pada sistem Kalender Hijriah, sebuah hari/tanggal dimulai ketika terbenamnya matahari di tempat tersebut.

Penentuan kapan dimulainya tahun 1 Hijriah dilakukan 6 tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad. Namun demikian, sistem yang mendasari Kalender Hijriah telah ada sejak zaman pra-Islam, dan sistem ini direvisi pada tahun ke-9 periode Madinah.


Pada era kenabian Muhammad, sistem penanggalan pra-Islam digunakan. Pada tahun ke-9 setelah Hijrah, turun ayat 36-37 Surat At-Taubah, yang melarang menambahkan hari (interkalasi) pada sistem penanggalan.

Setelah wafatnya Nabi Muhammad, diusulkan kapan dimulainya Tahun 1 Kalender Islam. Ada yang mengusulkan adalah tahun kelahiran Muhammad sebagai awal patokan penanggalan Islam. Ada yang mengusulkan pula awal patokan penanggalan Islam adalah tahun wafatnya Nabi Muhammad.

Akhirnya, pada tahun 638 M (17 H), khalifah Umar bin Khatab menetapkan awal patokan penanggalan Islam adalah tahun dimana hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah. Penentuan awal patokan ini dilakukan setelah menghilangkan seluruh bulan-bulan tambahan (interkalasi) dalam periode 9 tahun. Tanggal 1 Muharam Tahun 1 Hijriah bertepatan dengan tanggal 16 Juli 622, dan tanggal ini bukan berarti tanggal hijrahnya Nabi Muhammad. Peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad terjadi bulan September 622 (Dokumen tertua yang menggunakan sistem Kalender Hijriah yaitu papirus di Mesir pada tahun 22 H, PERF 558.)

Allahualambisawaf,karena yang benar datangnya dari Allah SWT dan kesalahan datangnya dari diri ane sendiri atas kefakiran ane sebagai pengurus,,,,

akhir kata, jadikanlah tahun baru Islam ini untuk tidak pernah engkau berhenti berkarya teman,,,,
jangan biarkan pena yang kita usung ini kering dan tumpul tak berwarna,

jayalah IMM....

jaya...

Billahi Fii Sabili haq, Fastabiqul khairat
waslm...

0 komentar:

Gabung di PC IMM JakSel